Refrain

1 Comments

Ini salah satu dari sekian koleksi novel ku.. ini aku beli waktu tahun 2010 di Gramedia Mall Ratu Indah di Makassar. Kenapa mesti Refrain? yah, kenapa aku milih beli Refrain diantara novel-novel lain yang lagi dipajang waktu itu yah gag tau kenapa langsung suka aja pas ngeliat sampul sama desain layout novel ini. Menurutku, Amplop biru dengan judul novel yang tertera di atasnya bisa menarik perhatian setiap orang yang melihatnya. Belum lagi isi amplop itu, kertas dengan tulisan “It’s always been you”, jelas ngebuat para pecinta novel merasa sangat penasaran dengan isi novel tersebut. Judulnya, Refrain, yang menggambarkan sesuatu yang terulang, sesuatu yang akan kembali atau pulang, sesuai dengan isi sub-judulnya, “Saat Cinta Selalu Pulang”. Keren banget..


Refrain bakalan dijadiin sebuah film di tahun 2013 ini. Production Housenya itu Maxima Pictures, Penulis Skenarionya Mas Haqi Achmad, trus Sutradaranya Fajar Nugros. Winna Efendi bilang :

"Proses pengadaptasian buku ke film juga tak mudah. Imajinasi pembaca tentunya bisa sama atau berbeda dengan yang nantinya diangkat di film, baik dari segi setting, pemain, dan masih banyak lagi. Idealisme ini bisa menyebabkan sisi positif atau negatif, rasa senang dan puas atau kecewa. Semua itu saya rasa sangat wajar, karena pembaca pun punya impian dan idealisme sendiri agar filmnya bisa sesuai dengan bukunya. Dari segi adegan, tentunya akan ada yang perlu diubah, ditambahkan, dihapus. Akan ada hal yang tidak sama dengan buku, sedangkan bagian yang mendukung akan tetap ada. Film adalah media yang sama sekali berbeda dengan buku. Film (setidaknya yang mainstream) biasanya membutuhkan sisi dramatik untuk menjaga perhatian penonton supaya tidak bosan. Film membiarkan segala sesuatunya bercerita, karena tidak memiliki narasi setting, deskripsi fisik dan benda, dan lain-lain. Jadi saya yakin dan memaklumi bahwa buku dan filmnya tidak akan 100% sama persis."

Novel Refrain bercerita tentang sepasang remaja yaitu Nata dan Niki yang sedari kecil bersahabat baik, namun tiba-tiba dihadapkan pada satu konflik percintaan. Nata jatuh cinta pada Niki. Nata merasa perasaannya ke Niki bisa merusak persahabatan yang mereka jalin selama ini, sehingga ia pun mengurungkan niatnya untuk mengutarakan isi hatinya. Ternyata Niki yang gag tahu apa-apa malah pacaran sama Oliver, kapten tim basket SMU Pelita yang pernah menjadi lawan tanding sekolah Nata dan Niki, sosok cowok yang jadi idaman gadis-gadis di sekolah Niki dengan facenya yang ganteng, kaya and charming. Sebenarnya Nata sempat bertekad mengungkapkan perasaannya ke Niki karena dorongan Anna, gadis indo yang telah menjadi sahabat baru Nata dan Niki, namun Nata mengurungkan niatnya kembali karena Niki sudah memutuskan menjalin hubungan dengan Oliver.

Novel ini sebenernya nyuguhin konflik cinta segitiga dalam persahabatan Nata, Niki, dan Anna. Sebagai murid pindahan, Anna diam-diam menaruh hati pada Nata sejak pertama kali menginjakkan kaki di sekolah. Tetapi Anna tahu bahwa posisi Niki di hati Nata tak bisa digeser olehnya. Konflik-konflik kaya gini nih yang ngebuat buku ini gurih untuk dikonsumsi. Banyak banget nilai yang bisa dipetik dari cerita ini mulai dari kasih sayang, persahabatan, kesetiaan, ketulusan, hingga pengorbanan.

Nah Untuk casting news, updates and all about this film follow @FilmRefrain on Twitter.. ada kuis Design Cover Refrainx lho..

Terima Kasih Sudah Berkunjung ^_^

1 komentar: